Kamis, 26 Maret 2015

Museum di Tengah Kebun, Museum Dengan Koleksi 4.000 Benda Antik

Jika selama ini Anda hanya mengetahui bahwa museum merupakan milik pemerintah. Maka cobalah datang ke Museum di Tengah Kebun. Museum ini bukan milik pemerintah, melainkan milik perseorangan. Soal koleksinya, tak kalah banyak dengan koleksi milik pemerintah.

Lokasi Museum di Tengah Kebun ini memang cukup tersembunyi. Sehingga masih jarang diketahui oleh banyak orang. Sesuai namanya, tempat wisata di Jakarta ini berada di tengah kebun yang indah. Atau tepatnya di Jalan Kemang Timur Raya Nomor 66. Dan menariknya, sebanyak 4 ribu koleksi benda antik ada di museum ini.

Lokasi museum ini memang di pinggir jalan. Namun, Anda hanya bisa melihat sebuah pintu kayu dengan tulisan nama museum ini. Pemilik museum ini yaitu Sjahrial Djalil merupakan pengusaha serta pencinta seni. Kecintaannya terhadap benda antik dan bersejarah, membuatnya berkeliling dunia dan mengoleksi aneka benda seni yang bernilai tinggi.
Menikmati berbagai koleksi dari museum ini, Anda harus berkelompok dengan minimal anggota 10 orang. Karena memang museum ini tidak menerima kunjungan perseorangan. Namun menariknya, Anda tak perlu membayar biaya masuk sama sekali. Karena memang tidak ada pungutan biaya untuk menikmati karya seni tersebut alias gratis.

Waktu berkunjung meseum ini juga dibatasi. Untuk seharinya, museum ini hanya menerima dua gelombang saja dalam satu hari. Tak hanya itu saja. Hari untuk berkunjung pun ditetapkan hanya pada hari Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu saja.

Memasuki museum ini, Anda akan melihat lorong sepanjang 60 meter yang dihiasi dengan tumbuhan hijau. Suasana sejuk dan nyaman akan langsung terasa saat Anda memasuki lorong ini. Letak museum ini terletak di ujung lorong dari tumbuhan hijau ini.

Berkeliling tempat ini Anda akan ditemani dengan keponakan sang pemilik. Sebelum masuk, Anda diwajibkan untuk menggunakan alas kaki yang telah disediakan oleh museum di pintu masuk. Selanjutnya, Anda akan diajak berkeliling melihat aneka koleksi di 17 ruangan museum ini.

Koleksi yang dimiliki museum ini cukup beragam. Mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Seperti patung Buddha, Ruang Dewi Sri, Ruang Loro Blonyo, Ruang Wilhem, kursi kayu yang dipakai oleh Raja George II dari Inggris, gelas Napoleon Bonaparte hingga aneka koleksi gamelan dari Jawa Timur.

Puas berkeliling Museum di Tengah Kebun, Anda akan diajak bersantai di gazebo yang ada ditengah kebun. Sajian minuman pun akan menemani waktu istirahat anda. Jadi, bagi Anda yang masih bingung berakhir pekan kemana. Datang saja ke tempat wisata di Jakarta ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar