Rabu, 21 Januari 2015

Serunya Menjelajahi Museum Gajah di Jakarta


Jakarta adalah salah satu kota yang sama dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Baik itu yang menampilkan wisata budaya, wisata religi hingga tempat wisata di Jakarta yang menampilkan wisata edukasi. Yaitu seperti Museum Gajah.

Museum Gajah ini sendiri adalah salah satu gedung peninggalan zaman kolonial Belanda. Di museum ini, Anda dan keluarga bisa belajar banyak hal. Karenanya, tempat wisata di Jakarta ini tergolong sebagai wisata edukasi.

Koleksi dari museum ini yaitu sebanyak 141.899 benda. Semuanya terbagi dalam 7 kategori. Yakni prasejarah, arkeologi, keramik, numistik-heraldik, sejarah, etnografi serta geografi. Museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini akan mengajak Anda dan keluarga mengetahui berbagai peninggalan dari berbagai zaman.


Berbagai benda yang dipamerkan yaitu artifak, fosil, menhir, arca kuno, prasasti, keramik, tekstil, aneka keramik dari dinasti Han, Tang hingga Ming. Salah satu daya tarik dari museum ini adalah patung yang bernama Bhairawapatung. Patung ini tingginya mencapai 414 cm. Patung ini adalah perwujudan dari Dewa Lokeswara atau Awalokiteswara. Bentuk patung ini yaitu seorang laki-laki yang tengah memegang cangkir tengkorak di tangan kirinya dan keris pendek di tangan kanannya. Patung ini berdiri di atas mayat dan deretan tengkorak.

Di museum ini juga terdapat banyak koleksi lukisan karya pelukis dari Negara Perancis. Tempat wisata di Jakarta yang ada di Jalan Medan Merdeka Barat 12 ini rasanya cocok untuk dijadikan sebagai agenda akhir pekan Anda kali ini. Tidak ada salahnya bukan untuk mengajak keluarga Anda menjelajahi isi dari Museum Gajah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar