Senin, 19 Januari 2015

4 Pilihan Wisata Sejarah Dengan Berkeliling Museum di Jakarta

Museum Art:1 New Museum
Mengajak keluarga berlibur, tidaklah harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Seperti di Jakarta. Ada banyak tempat wisata di Jakarta yang menawarkan biaya cukup murah. bahkan bernilai edukasi. Yaitu wisata sejarah dengan mengunjungi museum-museum di Jakarta.

Ya, wisata sejarah berupa mengunjungi museum di Jakarta tidak selalu membosankan. Bahkan bisa cukup menarik bahkan bagi orang dewasa sekalipun. Karena kini, tempat wisata di Jakarta tersebut dikemas cukup cantik dan menarik. Lalu, apa saja pilihan museum yang bisa Anda kunjungi di Jakarta? Berikut adalah uraiannya.

1.    Museum Nasional

Museum yang ada di Jalan Medan Merdeka ini terdiri dari 4 lantai. Di tempat ini, terdapat berbagai benda-benda sejarah dengan koleksi cukup lengkap dan terurus. Tak perlu khawatir jika tersasar. Karena di museum ini terdapat pemandu wisata yang selalu siap menemani Anda untuk berkeliling museum.

Ada sekitar 140 ribu benda bersejarah. Mulai dari koleksi zaman prasejarah, arkeologi, keramik, numismatik dan heraldik, sejarah, etnografi dan geografi. Anda juga bisa mengetahui koleksi emas kerajaan Nusantara serta harta karun Tek Sing. Anda hanya butuh membayar sebesar 5 ribu Rupiah untuk biaya masuk museum ini.

2.    Museum Taman Prasasti

Museum ini ada di kawasan Jakarta pusat. Museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah ini terbilang cukup angker. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat mengunjunginya bukan?. Tempat yang menyimpan sejumlah nisan dari zaman Belanda ini tentu cocok untuk Anda yang menyukai wisata sejarah.

Yang terkenal adalah makam Soe Hok Gie serta patung wanita menangis. Musem ini selain menampilkan nisan, juga memamerkan aneka karya seni dari pematung, pemahat serta sastrawan. Cukup menarik untuk Anda yang berjiwa seni.

3.    Museum Art:1 New Museum

Museum ini dahulu bernama Mon Décor. Bangunan museum ini cukup modern dan jauh dari kesan sepi dan angker. Museum yang pernah meraih penghargaan museum terbaik kategori sarana dan fasilitas pengunjung ini tidak dipungut biaya. Namun hanya terbatas untuk masuk dan melihat pameran seninya saja. Namun jika untuk melihat koleksi lukisannya. Maka Anda harus membayar sebesar 50 ribu Rupiah untuk pelajar dan 75 ribu Rupiah untuk umum.

Museum yang ada di Jalan Rajawali Selatan Raya ini menampilkan karya seni lukis dari para seniman. Dekorasinya seperti galeri lukisan. Uniknya setiap beberapa bulan sekali, aka nada pergantian tema lukisan yang dipajang di museum ini.

4.    Museum MURI

Keberadaan Museum MURI di juga menjadi alternatif wisata di Jakarta. Museum di Jakarta ini dikemas cukup menarik karena berada di dalam sebuah mal. Jadi, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Jakarta sekaligus bermain di dalam mal.

Lokasi museum ini ada di Mall of Indonesia, Kelapa Gading. Museum ini menampilkan berbagai ratusan foto serta video hasil karya anak bangsa berupa pemecahan rekor MURI. Anda cukup membayar 10 ribu Rupiah untuk dewasa dan 5 ribu Rupiah untuk pelajar. Cukup murah bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar