Minggu, 22 Februari 2015

Yuk Rasakan Serunya Wisata Konservasi Alam di Kepulauan Seribu Jakarta

Tempat wisata di Jakarta tidak hanya sebatas dari kota Jakarta saja. Cobalah untuk menyeberang sedikit di Kepulauan Seribu. Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari salah satu bagian dari DKI Jakarta ini. Salah satunya adalah wisata konservasi alamnya.

Jarak dari Kota Jakarta ke kepulauan ini adalah sekitar 45 km. Di Kepulauan Seribu ini, Anda bisa menemukan wisata untuk pelestarian alam. Seperti penangkaran penyu yang langka hingga terumbu karang. Bahkan, tempat wisata di Jakarta ini juga memberikan keindahan deretan pulau yang indah.

Kekayaan dari satwa serta tumbuhan yang ada di kepulauan ini memang cukup beragam. Tak heran, jika kawasan ini menjadi salah satu bagian dari tempat konservasi alam di Jakarta. Tentu saja menjadi pengalaman yang menarik jika Anda berwisata ke tempat ini. Karena Anda tak hanya dapat menikmati pemandangan alamnya saja yang indah. Namun juga belajar mengenai keragaman hayati yang ada di kepulauan ini.
Tumbuhan pantai yang ada di kepulauan ini yaitu seperti nyamplung, waru, pandan, cemara laut, cangkudu, butun, bogem, sukun, ketapang serta kecundang. Untuk kekayaan laut yang dimiliki yaitu seperti karang keras, kima, ganggang, rumput laut, burung pantai, penyu sisik, hingga penyu hijau.

Tentu Anda telah mengetahui jika penyu sisik dan penyu hijau adalah satwa langka yang sulit untuk ditemukan saat ini. Namun di kepulauan ini, Anda bisa menemukan kedua penyu ini. Karena kepulauan ini merupakan tempat peneluran penyu tersebut.

Anda bisa menemukan penyu-penyu tersebut di salah satu pulau yang disebut Pulau Semak Daun. Di pulau ini, penyu tersebut ditangkarkan agar populasi penyu tidak punah. Kegiatan yang dilakukan pun mulai dari penetasan telur semi alami, hingga perawatan anak penyu hingga mereka siap kembali dilepas di alam bebas.

Deburan ombak di pulau-pulau yang menjadi bagian dari kepulauan ini juga tidak terlalu besar. Pemandangannya pun masih alami dan indah. Terlebih lagi pemandangan sunrise dan sunsetnya. Mempesona.

Deretan pulau yang bisa Anda datangi yaitu seperti Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Sepa, Pulau Putri, Pulau Pantara, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Kotok, serta Pulau Macan. Namun, ada baiknya untuk mengunjungi Kepulauan Seribu dan menikmati wisata konservasi alamnya pada bulan Maret dan Oktober. Untuk bulan November hingga Februari, kondisi cuaca tempat wisata di Jakarta ini kurang bagus untuk dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar